Headlines News :
Home » , » Kumpulan Gambar Ornamen Pakpak

Kumpulan Gambar Ornamen Pakpak

Written By Ramadan Tumangger on 23/05/12 | 12.30

ppbb-
Ornamen Pakpak biasanya digunakan pada motif-motif ukiran (okir Pakpak) dan lukisan Pakpak seperti pada hiasan rumah adat Pakpak dan patung-patung karya seni budaya Pakpak

Setiap ornamen Pakpak mengandung arti tertentu, artinya gambar yang dihasilkan adalah sebagai simbol yang menunjukkan perwujudan makna dibalik ornamen tersebut.

Berikut adalah kumpulan diantara gambar ornamen Pakpak tersebut :

1. Gerga Nengger / Nipermunung

Ornamen ini melambangkan kedudukan Raja, Pertaki (Penguasa) seorang bangsawan yang bermarga asli di daerah tempat dia berdomisili. Hiasan ini serta merta melambangkan kejayaan pemerintahan seorang raja. Letaknya tegak lurus dari puncak atas sampai pertengahan bagian depan atau di tengah-tengah melmelen bonggar.


2. Gerga Perbunga Koning

Ornamen ini melambangkan puncak keindahan bagi kaum wanita, gerga ini juga melambangkan keindahan agar penghuninya disukai orang lain seperti bunga kunyit (bunga koning)yang harum semerbak. Letaknya membujur memotong ujung dari pada nengger sebagai bidang yang menghubungkan kedua sisi atap.


3. Okir Beraspati

Hiasan ini menggambarkan sepasang cicak yang disebut tendi sapo. Ornamen ini dianggap sebagai pelindung, sebagai lambang tendi (roh) yang akan melindung si penghuni rumah lahir dan bathin. Hiasan ini juga melambangkan dewa penguasa tanah sebagai lambang kesuburan, disebut juga Beraspati Tanoh

Sumber:
Buku Gerga / Okir Pakpak, Kantor Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Pakpak Bharat
Bagikan artikel ini :