Headlines News :
Home » , » Syarat & Cara Pendaftaran CPNS Tahun 2012 Pusat dan Daerah

Syarat & Cara Pendaftaran CPNS Tahun 2012 Pusat dan Daerah

Written By Unknown on 18/06/12 | 10.07

ppbb-
Seperti dikabarkan sebelumnya mekanisme atau cara pendaftaran CPNS 2012  ada perbedaan dengan cara pendaftaran CPNS dan syarat untuk mendaftar CPNS tahun-tahun sebelumnya. Yang berbeda dengan Sistem Ujian Penerimaan CPNS Tahun 2012 Pelamar Umum tahun ini adalah dilakukan tidak seperti sistem tahun-tahun sebelumnya. tahun ini dengan kerjasama Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan sepuluh Perguruan Tinggi Negeri dalam proses rekrutmen CPNS (Calon Pegawai Negeri Sipil), Proses rekrutmen dilakukan dengan ujian testing seperti penerimaan calon mahasiswa yang ikut SNMPTN. Artinya nantinya system penerimaan akan melibatkan teknologi informasi dan berlaku secara nasional di seluruh Indonesia.

Kabar terbaru diberitakan oleh JPNN (18/6) Setelah melansir perkiraan pelaksanaan CPNS dari pendaftar umum, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemen PAN-RB) segera mengumumkan teknis persyaratan CPNS 2012 dan tata cara pendaftaran CPNS 2012.

Wakil Menpan-RB Eko Prasojo mengatakan, persiapan pelaksanaan seleksi CPNS 2012 dari pendaftar umum ini sudah matang. Persiapan teknis dengan konsorsium 10 PTN sudah kita bahas dalam rapat koordinasi. Namun, Eko masih belum bisa menjelaskan lebih dulu secara teknis tentang cara pendaftaran dan persyaratannya CPNS 2012. Dia hanya mengatakan tidak ada perubahan siginifikan dari sisi pendaftaran dan persyaratan dibandingkan rekrutmen sebelumnya.

Guru besar Universitas Indonesia itu memaparkan, masyarakat dihimbau untuk bersabar menunggu keterangan resmi dari pemerintah. Dia menjelaskan, masyarakat jangan sampai tergiur dengan iming-iming calo CPNS.

Dia mengatakan, jika ada iming-iming bisa masuk CPNS asal menyetor uang dalam jumlah tertentu sudah bisa dipastikan penipuan. "Upaya kita menggandeng 10 PTN ini untuk perbaikan sistem prekrutan. Termasuk menghindari percaloan," tandasnya.

Eko menandaskan, poin baru dalam pendaftaran CPNS jalur umum selain keterlibatan 10 PTN itu adalah, penetapan nama-nama CPNS yang diterima diambil alih pemerintah pusat. Sehingga pemerintah daerah tidak bisa main-main lagi dengan daftar nama-nama yang diterima ini.

Jadi hilangkan cara "hitam" untuk bisa Lulus CPNS 2012, yang perlu adalah bagaimana nantinya bisa menyelesaikan soal-soal yang keluar saat ujian CPNS berlangsung.  Itu saja jika anda benar-benar berniat ingin menjadi seorang PNS.

Nantinya jika di daerah anda tidak ada formasi penerimaan CPNS, tetapi ingin mengikuti ujian CPNS di daerah lain maka dengan mudah bisa melakukan pendaftaran dengan KTP yang tidak dibatasi. Misalnya masyarakat Kota Blitar yang ingin mengikuti ujian CPNS 2012 tetapi tidak ada penerimaan CPNS di Kota Blitar, tidak perlu berkecil hati. Karena sistem penerimaan CPNS tahun 2012 Pelamar CPNS dapat Diterima dari Seluruh Indonesia. Tidak ada pembatasan dan pembedaan putra daerah serta bukan putra daerah.

Meski KTP pelamar CPNS dari Kota Blitar misalnya, dan saat seleksi CPNS dibuka dia berada di Bogor atau Bandung bahkan jika di Bangka Barat atau Waringin Timur dan daerah lain dimana daerah-daerah ini ada formasi CPNS, yang bersangkutan bisa ikut seleksi CPNS dengan menggunakan KTP Blitar. Yang tidak diperbolehkan adalah melakukan pelamaran CPNS pada dua lokasi atau lebih. Aturan ini seperti yang disampaikan oleh Kepala Bagian (Kabag) Hubungan Masyarakat (Humas) Badan Kepegawaian Negara (BKN) Tumpak Hutabarat di Jakarta, Selasa (26/6) kepada JPNN.

Jadi siap mengikuti ujian CPNS ? Tapi jangan asal ujian yang penting kan kelulusannya. Maka yang terbaik adalah belajar extra rajin, karena penerimaan kali ini diusahakan tidak ada lagi istilah titiapan (Sogok) seperti pengakuan Eko Prasejo seorang profesor Wamen Kemenpan RB kita. Silahkan mulai belajar soal-soal CPNS mulai dari sekarang.

Jika terkendala dengan bahan soal-soal latihan CPNS yang membosankan coba hal baru yang meyenangkan yaitu belajar dengan menggunkan software latihan CPNS yang sudah di program dengan rapi. Layaknya anda seperti "bermain game" atau mengikuti kuis "Who Wants to be a Millionaire".

Software ini sudah bisa di download sekarang, tetapi harus membayar Rp.90.000, wajarlah sebagai jasa kreatifitas developer, dari pada anda menyegok ratusan juta (dan tidak ada peluang lagi). Dan jika anda mau mengajak teman-teman lain membeli software ini bisa diberikan secara gratis bahkan anda memperoleh keuntungan. Jadinya "Belajar soal CPNS sambil dapat duit.". Untuk mendapatkan software ini baca selengkapnya disini

Update :
List persyarat CPNS 2012 Pusat dan Daerah, Klik Disni
Bagikan artikel ini :