Headlines News :
Home » , , , , , , , » Penerimaan CPNS Sulsel 2013 Kabupaten/Kota Kemungkinan Ditiadakan

Penerimaan CPNS Sulsel 2013 Kabupaten/Kota Kemungkinan Ditiadakan

Written By Ramadan Tumangger on 30/10/12 | 13.15

ppbb-
PAKPAK BHARAT BLOG - Penerimaan CPNS Sulsel 2013 untuk beberapa Kabupaten/Kota termasuk pemprov Sulsel kemungkinan ditiadakan karena tidak memenuhi syarat rasio belanja pegawai dibawah 50% dari APBD. Seperti penerimaan CPNS tahun 2012 untuk penerimaan CPNS 2013 daerah/kabupaten/kota, rasio belanja pegawai terhadap total belanja daerah di APBD daerah yang bersangkutan tidak boleh melampaui angka 50 persen agar diberi kewenangan melakukan penerimaan CPNS 2013.

Tapi bagi warga Sulsel yang berencana mengikuti ijian CPNS 2013  tidak perlu berkecil hati. Seperti berita sebelumnya jumlah Kuota CPNS tahun 2013 Jalur Umum yang diterima sebanyak 60 Ribu Lowongan. Jumlah ini belum termasuk honorer kategori dua (K2) yang akan diangkat sebagian pada 2013. Dan Ujian CPNS 2013 adalah dengan sistem lintas wilayah, anda bisa mengikuti ujian di daerah lain cukup dengan menggunakan KTP saat ini. Silahkan cari daerah yang ada penerimaan CPNS 2013 pada pos ini: "Daftar Instansi Penerimaan CPNS Tahun 2013"

Artinya untuk tahun 2013, sejumlah daerah di Sulawesi Selatan tidak berhak melakukan penerimaan CPNS 2013. Karena syarat pengajuan usulan kebutuhan PNS daerah tahun 2013, masih sama dengan syarat yang diberlakukan tahun 2012 antara lain, belanja pegawai di APBD tidak boleh lebih dari 50 persen dari total belanja daerah sementara sejumlah daerah di Sulawesi Selatan tidak memenuhi kriteria ini termasuk pemerintah provinsi Sulawesi Selatan.

Selain Provinsi Sulsel yang belanja pegawainya di atas 50 persen, sejumlah kabupaten/kota di Sulsel juga tidak akan mendapat kuota CPNS. Beberapa kabupaten di Sulsel yang masih memiliki belanja pegawai di atas 50 persen adalah Kabupaten Soppeng, Kabupaten Wajo, Kabupaten Bone, Kabupaten Parepare, Kabupaten Sidrap dan Kabupaten Enrekang.

Data yang tersedia, untuk kabupaten Soppeng berdasarkan APBD 2012, dari total belanjasebanyak Rp635 miliar, sebagian besar terserap untuk belanja pegawai. Khusus belanja pegawai mencapai Rp436 miliar atau sekitar 68,59 persen dari total APBD. Sementara belanja tidak langsung hanya sebesar Rp199 miliar atau 31, 41 persen. Data ini menjadi dasar kemungkinan besar tidak ada penerimaan CPNS kabupaten Soppeng 2013.

Untuk Kabupaten Wajo, dari Rp887 miliar APBD 2012, Rp447 miliar habis untuk belanja pegawai, sedangkan belanja publik hanya Rp410 miliar. Artinya, belanja pegawai terserap 53,73 persen sedangkan belanja publik hanya 46,27 persen. Kondisi tersebut tidak jauh beda dengan anggaran pada APBD-perubahan. Data ini menjadi dasar kemungkinan besar tidak ada penerimaan CPNS kabupaten Wojo 2013.

Selain kabupaten Wajo dan kabupaten Soppeng, di Kabupaten Bone, belanja pegawai di daerah ini di atas 50 persen atau Rp700 miliar lebih yang terdiri dari gaji pegawai dan dana tunjangan pegawai di daerah ini. Data ini menjadi dasar kemungkinan besar tidak ada penerimaan CPNS kabupaten Bone 2013.

Adapun di Parepare, pelaksana tugas (Plt) Kepala Bagian Keuangan Pemkot Parepare, Anwar Thalib memastikan alokasi belanja pegawai Pemkot Parepare di atas 50 persen.

Namun Kepala BKDD Parepare, Ramadhan Umasangadji, Senin, 29 Oktober, mengatakan, masih menunggu petunjuk teknis (juknis) atau aturan terkait penerimaan formasi CPNS tahun ini dan 2013. Data ini menjadi dasar kemungkinan besar tidak ada penerimaan CPNS kabupaten Parepare 2013.

Adapun di Sidrap, Kepala Badan Pengelolaan Keuangan Daerah (BPKD) Sidrap, Abdul Majid di kantornya, Senin, 29 Oktober, optimis mendapat kuota CPNS 2013. Di Sidrap, secara neraca alokasi belanja pegawai murni Sidrap saat ini tercatat sebanyak 52 persen dari total APBD 2012. Cuma kata Majid, itu sudah masuk tambahan penghasilan PNS dan dana sertifikasi guru. Data ini menjadi dasar kemungkinan besar tidak ada penerimaan CPNS kabupaten Sidrap 2013.

Di Enrekang, justru Sekkab Enrekang, HM Amiruddin belum bisa mengkalkulasi berapa presentase belanja pegawainya. Menurut dia, beberapa anggaran DAU dari pemerintah pusat belum turun. Besarannya pun belum diketahui. "Kalau di APBD belanja pegawai kita mencapai Rp380 miliar dari total APBD hampir Rp600 miliar. Kita menunggu besaran DAU untuk tahu berapa presentasenya," kata Amiruddin seperti dilansir dari Fajar Online. Data ini menjadi dasar kemungkinan besar tidak ada penerimaan CPNS kabupaten Enrekang 2013.

Walau demikian, dia mengakui secara umum memang Pemkab Enrekang masih butuh penambahan beberapa pegawai terutama untuk sektor guru dan tenaga administrasi. Soal analisa kebutuhan pegawai ini juga tengah dilakukan pemkab dengan menggandeng LAN Makassar. Data ini menjadi dasar kemungkinan besar tidak ada penerimaan CPNS kabupaten Enrekang 2013.
Sumber Data: Fajar Online
Bagikan artikel ini :