Headlines News :
Home » , » Pengangkatan Perangkat Desa Jadi PNS

Pengangkatan Perangkat Desa Jadi PNS

Written By Unknown on 16/11/12 | 23.13

ppbb-
Pengangkatan Perangkat Desa Jadi PNS (Pegawai Negeri Sipil) merupakan satu lagi wacana yang sedang dibahas untuk menata sistem birokrasi pemerintahan Indonesia. Pengangkatan Perangkat Desa Jadi PNS ini memang saat ini masih sebatas wacana yang sedang dibahas dan dipertimbangkan untung ruginya. Dan secara peraturan Rancangan Undang-undang (RUU) Desa mulai dibahas di parlemen sebagai dasar Pengangkatan Perangkat Desa Jadi PNS.

Salah satu hal yang melatarbelakangi mengapa perangkat desa perlu diangkat menjadi PNS adalah adanya kesenjangan pendapatan para perangkat desa yang selama ini profesi perangkat desa pada umumnya hanya sebagai pengabdian. Padahal posisi perangkat desa sangat penting karena kedudukannya langsung menyentuh masyarakat.

Sebelumnya telah dikeluarkan kebijakan mengangkat Sekretaris Desa (Sekdes) menjadi PNS berdasarkan ketentuan pasal 202 ayat 3 UU 32/ 2004 tentang pemerintah daerah yang selanjutnya ditindaklanjuti dengan PP 7/2005 tentang Desa. Sedangkan kebijakan operasional mengenai pengangkatan Sekdes menjadi PNS diatur dalam PP 45 tahun 2007 tentang persyaratan dan tata cara pengangkatan Sekdes menjadi PNS.

Namun kebijakan pengangkatan Sekdes menjadi PNS ini belum cukup. Konsekwensi dari diangkatnya Sekdes menajdi PNS berimplikasi terhadap pendapat sekdes meningkat dibandingkan dengan perangkat desa lainnya, sehingga menimbulkan kecemburuan sesama anggota perangkat desa.

Menteri Dalam Negeri gamwan Fausi mengakui masih terdapatnya kesenjangan pendapatan (penghasilan) dari para perangkat desa dari pembiayaan yang berasal dari negara dengan Sekretaris Desa (Sekdes), akibat dari Pemerintah Daerah (Pemda) yang belum sepenuhnya melaksanakan peraturan pemerintah tentang kedudukan keuangan Kepala Desa dengan Perangkat Desa.

Sehingga muncul rencana Pengangkatan Perangkat Desa Jadi PNS. Rancangan Undang-undang (RUU) Desa mulai dibahas di parlemen. Partai Amanat Nasional (PAN) getol mendukung perangkat desa untuk diangkat menjadi pegawai negeri sipil (PNS) secara bertahap.

Sekjen DPP PAN Taufik Kurniawan mengatakan, dukungan tersebut merupakan sikap resmi partainya yang dituangkan dalam daftar inventarisasi masalah (DIM) milik PAN. "Kami berharap, fraksi lain bersikap sama," ujar dia seperti dikutip dari JPNN (14/11).

Menurut Taufik, sikap partainya itu selaras dengan harapan sebagian besar perangkat desa yang kerap disampaikan selama ini.

Apakah rencana Pengangkatan Perangkat Desa Jadi PNS ini akan terwujud? Kita tunggu saja bagaimana perkembangannya. Yang jelas adanya rencana pengangatan perangkat desa menjadi PNS ini merupakan angin segar bagi para perangkat desa di seluruh Indonesia. Saat ini kapan perangkat desa diangkat jadi PNS belum bisa dipastikan waktunya.
Bagikan artikel ini :